Social Media

Minggu, 20 April 2014

Hal-hal yang harus diperhaikan dalam pembuatan Komik khususnya Manga

Saat ini komik sudah banyak dikenal di seluruh dunia. Bukan hanya dari DC (Dunia Comic) ,Marvell Amerika Serikat, Manga dari Jepang dan Manhua dari Korea sudah tidak asing lagi di telinga terutama bagi pencinta bacaan berupa komik ini. Karena hal ini pula banyak orang berusaha untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuannya dengan membuat komik dengan tujuan dapat di terbitkan bahkan dibuat seriallisasinya. Namun tentunya dalam komik sendiri memiliki tingkat kesulitan yang berbeda antara seni menggambar dan novel. Dimana pembuatan cerita tidak seperti narasi dan novel pada umumnya karena kita harus dapat menghidupkan karakter dengan dialog dan kspresi gambar yang mendukung. Namun , kali ini saya hanya akan membahas mengenai Manga dari Jepang.

Hal-hal yang harus diperhaikan dalam pembuatan Komik khususnya Manga

Dalam hal ini yang akan saya bahas adalah mengenai hal yang perlu diperhatikan terutama di bagian gambarnya sendiri. Karena untuk bagian storyboard hal itu tergantung apakah dapat menarik perhatian pembaca atau tidak.

1. Ekspresi Karakter

Disini ekspresi sendiri sangat penting karena sangat medukung untuk memahami bagaimana perasaan,sifat dan tingkahlaku karakter sehingga mendukung dalam memahami dialog yang ada. Berikut beberapa contoh ekspresi karakter :

2. Garis Aksi

Garis aksi biasanya berperan dalam memberikan tekanan pada suatu gerak. Misalnya jika kita ingin melompat dan menggerakkan anggota tubuh. Ketebalan garis aksi dapat ditantukan dari arah angin atau tekana ke arah yang dituju dengan menjadi semakin tipis.

3. Tone

Tone atau penintaan sangatlah penting, ini bukan bergantung tentang banyak sedikitnya tone yang digunakan. Melaikan bergantung pada genre dan target pembaca yang dibuat. Misalnya untuk komik yang ditargetkan untuk anak anak yang biasanya bengenre shonen (genre komik untuk anak laki-laki) lebih menyukai tone yang tidak terlalu gelap berbeda dengan komik dengan genre yang lebih berat seperti thriller maupun psycological.

4. Background

Walaupun background biasanya digambar oleh asisstant oleh author komik. Tapi penentuan background tetap harus diperhatikan terutama untuk komik yang ditargetkan untuk anak anak biasanya lebih mudah memahami dengan background yang simple

5. Panel

Panel merupakan perpaduan bentuk/ ruang yang digunakan untuk memberikan variasi bentuk pada komik.

6. Karakter

Tentusaja karakter merupakan hal penting dalam sebuah cerita, kalau bisa untuk sebuah karakter terutama karekter utama diusahakan untuk memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dari karakter lain misalnya penampilan ataupun sifat, ke-aslian desain karakter juga termasuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar