Social Media

Minggu, 11 Mei 2014

Cara Membaca Manga [Untuk Pemula]

Dari saran beberapa teman saya yang mulai membaca manga, mereka sedikit kesulitan untuk memahami jalannya cerita terutama karena mereka tidak tau harus memulai membaca dari arah mana dan kemana.

Jadi untuk pembahasan kali ini saya akan menjelaskan mengenai bagaimana caranya membaca manga. Cara membaca manga ada 2 cara berdasarkan dengan letak sampul, yaitu :

1. Untuk Sampul Dari Kanan

Biasanya ini digunakan oleh manga/komik yang masih asli dari jepang atau belum dirubah tata letaknya. Untuk membacanya kita ambil awalan dari titik pojok sebelah kanan atas, kemudian dibaca mendatar ke kiri sesuai panel yang membatasi kemudian baru kebawah satu panel kemudian mendatar lagi dan seterusnya,

1. Untuk Sampul Dari Kiri

Biasanya manga seperti ini lebih sering untuk manga/komik luar yang sudah di edit di indonesia, atau untuk komik-komik Manhua (korea) awal. cara membacanya sama seperti dari kanan hanya saja arahnya kita rubah dari arah pojok kiri atas kesamping kanan kemudian kebawah dan seterusnya.

Baiklah karena saya sedang ingin menghindari penja=elasan panjang lebar yg memusingkan, jadi kalau ada pertanyaan silakan ke komentar... sankyuu :D

12 komentar:

  1. Balasan
    1. inikan blog manga u,u
      tadinya mau bikin soal cosplay tapi materinya banyak... selain itu buat gambarnya harus bikin dulu dan itu rumit sekali untuk dijelaskan (/T3T)/

      Hapus
    2. intine yen bahas cosplay gawe artikel'e suwe

      Hapus
    3. Yo ngawe wae engko entok pahala gblk

      Hapus
  2. nek maca web komik priwe?? kanan ke kiri apa kiri ke kanan?

    BalasHapus
  3. anjrit ribet, mending baca webtoon.

    BalasHapus
  4. SERU juga jadi OTAKU, Arigatou
    (^∇^)

    BalasHapus
  5. keren keren...
    untuk menggambar komik, manga, anime, mampir kesini juga yaa... sketsaorigin.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Sedikit membantu , tp ya ttp aj aj knp gw gk bsa menjiwai/memahami klo lgi baca manga ya , lebih nyaman nnton annton anime lgsg klo mnurut gw , cmn ya anime yg sering gw tonton kdng gk nyambung ke season 2 dan klo gw mau lanjutin cerita dari anime trsebut mesti baca dari manga , lah gw gk suka baca manga jd bingung :'v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gan gw baca manga itu baru sampai panel 1-2 udah bosen duluan apalagi novel

      Hapus